MANAJEMEN PERSIAPAN PENYELENGGARAAN MAL PELAYANAN PUBLIK

Asiah Wasillah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses manajemen persiapan untuk
implementasi Mal Layanan Publik di Kota Pekanbaru yang diamati dari 4 fungsi manajemen
pemerintah, mis. Merencanakan, Mengorganisir, Memobilisasi atau Melaksanakan Kontrol
Pemerintah, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam proses persiapan
pengorganisasian Mal Layanan Publik di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan
situasi (objek) atau fenomena yang terkait dengan persiapan pelaksanaan MPP di Kota Pekanbaru.
Data primer diperoleh langsung dari informan melalui wawancara. Data sekunder diperoleh dari
buku, jurnal, dan dokumentasi yang berkaitan dengan manajemen persiapan untuk implementasi mal
layanan publik di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Mal Layanan
Umum Kota Pekanbaru telah tertunda dari target waktu yang direncanakan oleh Pemerintah karena
proses perencanaan sudah terlambat untuk memulai karena persiapan SDM. Eksekusi berjalan dengan
baik, hanya sedikit terhambat oleh ego sektoral dari masing-masing lembaga, dan pelaksanaan kegiatan
tertunda karena perencanaan yang terlambat. Kontrol pemerintah dilakukan melalui pemantauan dan
evaluasi. Hasil akhir implementasi MPP di Kota Pekanbaru sesuai dengan target pemerintah, minus
fakta bahwa eksekusi tertunda. Implementasi MPP di Kota Pekanbaru didukung oleh faktor-faktor
ini: peraturan atau dasar hukum, komitmen pemimpin, dukungan bawahan, dukungan DPRD dengan
ketersediaan anggaran dan lokasi strategis.


Keywords


mal pelayanan publik; fungsi manajemen; kontrol pemerintah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.